Hardware

N/A

Software

Arduino IDE

NodeMCU ESP8266 merupakan board alternatif yang dapat digunakan oleh para maker dalam mengembangkan proyek berbasis Internet of Things. Perangkat ini lebih mudah digunakan dari pada perangkat ESP8266, karena perangkat ini tidak memerlukan tambahan downloader untuk memprogramnya. Selain itu, untuk menunjang kemampuannya dalam industri Internet of Things, perangkat NodeMCU ESP8266 juga dapat dihubungkan dengan platform mobile Firebase.

Salah satu fitur dari platform Firebase, yaitu Realtime Database, dapat dimanfaatkan oleh para maker dalam mengelola data yang dimilikinya secara real-time melalui konektivitas internet. Meskipun dikembangkan secara khusus untuk pengembangan platform mobile, Firebase dapat dimanfaatkan oleh para maker karena platform tersebut mendukung beberapa board pengembangan, termasuk Arduino dan NodeMCU ESP8266.

PERSIAPAN

Setidaknya beberapa hal dapat dilakukan untuk dengan menggunakan fitur Realtime Database dari platform mobile milik Google ini, termasuk di dalamnya mengelola data analog dan digital. Setidaknya terdapat beberapa komponen yang dapat dipersiakan oleh para maker untuk mensimulasikan pengelolaan data analog dan digital pada platform Firebase Realtime Database, yaitu

  • NodeMCU ESP8266

  • Potensiometer 50K 1 biji

  • LED 5mm 1 biji

  • Resistor 10K Ohm 1 biji

  • Push Button 1 biji

  • Kabel Data

  • Breadboard

  • Kabel Jumper

Selain komponen-komponen tersebut, para maker juga memerlukan perangkat lunak Arduino IDE versi terbaru atau setidaknya versi 1.6.9 untuk memrogram NodeMCU ESP8266. Bagi para maker yang belum memilikinya, dapat mengunduhnya melalui laman resmi milik Arduino.

Para maker juga perlu untuk mengunduh library ArduinoFirebase, agar NodeMCU ESP8266 dapat dikoneksikan dengan Firebase. Para maker juga perlu mengunduh  firebase-arduino-web.html untuk mengontrol atau menampilkan aksi dari NodeMCU ESP8266.

Setelah itu, maker dapat menyusun struktur komponen seperti gambar di bawah ini:

Sumber: Crufti

KONFIGURASI ARDUINO IDE

Tidak langsung dapat digunakan, Arduino IDE harus terinstal board NodeMCU ESP8266 terlebih dulu di dalamnya agar maker dapat memrogram Node MCU ESP8266 menggunakan perangkat lunak bawaan Arduino tersebut. Bagi maker yang belum mengetahui cara menginstalnya, tahap pengaturan Arduino IDE pada proyek ini dapat menjadi bahan referensi cara menginstalnya.

Setelah itu, maker hanya perlu menginstal library yang telah diunduh sebelumnya. Untuk menginstalnya, buka menu Sketch > Include Library > Add .ZIP Library, kemudian pilih nama library yang akan diinstal, kalau dalam project kali ini pilih firebase-arduino-master.zip.

MEMBUAT PROYEK FIREBASE REALTIME DATABASE

Sebelum menggunakan Firebase, para maker harus memiliki akun Google terlebih dulu. Setelah memiliki akun tersebut, maker dapat login ke dalam laman berikut. Selanjutnya, maker dapat membuat proyek dengan memilih tombol Memulai Gratis kemudian memilih tombol Buat Proyek Baru

Setelah selesai membuat proyek tersebut, buka proyek yang telah dibuat. Kemudian buka menu di samping My First App, dan pilih Setelan proyek > Akun Layanan. Kemudian pilih tab Rahasia Basis Data dan pilih tombol Perlihatkan. Kemudian catat kode rahasia yang ditampilkan.

MEMROGRAM NodeMCU ESP8266

Pada project ini, untuk memrogram NodeMCU ESP8266 kita hanya perlu memmbuka kode contoh yang telah terinstal dalam Arduino IDE bersamaan dengan terinstalnya library yang telah diinstal sebelumnya. Cara membukanya, pilih menu File > Examples > FirebaseArduino > FirebaseRoom_ESP8266

Setelah terbuka, ganti beberapa bagian dalam baris kode tersebut. Ganti WIFI_SSID, WIFI_PASSWORD dengan akun WiFi, dan ganti FIREBASE_AUTH dengan kode rahasia yang telah anda salin pada tahap selanjutnya. Yang perlu diganti adalah tulisan yang ada di dalam tanda petik dua.

Kemudian, hubungkan perangkat NodeMCU ESP8266 yang telah dirangkai dengan komponen lainnya. Atur board yang akan digunakan dengan NodeMCU 1.0, upload speed 115200, dan port sesuai dengan yang digunakan. Kemudian tekan tombol Upload (anak panah ke kanan).

MEMBUAT TAMPILAN WEB

Agar maker dapat mengontrol dan melihat data-data dari NodeMCU ESP8266, maker perlu membuat tampilan web. Yang pertama kali perlu dilakukan untuk membuat tampilan web adalah mengetahui kode identitas dari proyek Firebase yang telah dibuat. Pertama, maker harus membuka Firebase Console pada bagian database, kemudian memilih tab Aturan.

Selanjutnya, maker harus mengganti .read dan .write menjadi true. Kemudian mempublikasikannya dengan menekan tombol Publiskasikan. Setelah pengaturannya selesai, buka tab Home Aplikasi dan pilih Tambahkan Firebase ke aplikasi web Anda.

Ingat konfigurasi yang ditampilkan. Buka firebase-arduino-web.html dengan code editor seperti Notepad++ atau Sublime Text, kemudian ganti konfigurasinya sesuai dengan konfigurasi yang ditampilkan pada laman Firebase. Kemudian simpan dan jalankan pada browser.

AKHIR

Untuk melihat apa yang terjadi dan mengamati data dari NodeMCU ESP8266, maker dapat melihatnya melalui Firebase Console pada bagian Database. Selain itu, maker dapat mengamati perubahan yang terjadi pada tampilan web, serta mencoba memutar-mutar potensiometer atau menekan push button untuk mengubah data. Maker juga dapat mencoba mengontrol LED dengan menekan tombol Red Light pada tampilan web.